UJI KOMPETENSI TOEFL DAN TOAFL DOSEN BAHASA UIN SYEKH ALI HASAN AHMAD ADDARY PADANGSIDIMPUAN

Padangsidimpuan – UPT. Bahasa UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan melaksanakan Uji Kompetensi TOEFL dan TOAFL bagi para dosen bahasa pada Selasa, 12 Agustus 2025. Kegiatan ini berlangsung di Laboratorium Komputer UIN Syahada dengan menggunakan aplikasi Safe Exam Browser (SEB), yang dirancang untuk menjamin keamanan dan integritas pelaksanaan ujian berbasis komputer.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas penguasaan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris dan bahasa Arab, di kalangan dosen. Hal ini diharapkan tidak hanya mendukung kompetensi pribadi para dosen, tetapi juga berdampak positif pada kualitas pembelajaran mahasiswa, sekaligus memperkuat peran UIN Syahada sebagai perguruan tinggi Islam yang unggul, kompetitif, dan berdaya saing global.

Dalam kerangka paradigma theoantropoecocentris, kegiatan ini mencerminkan kesungguhan UIN Syahada dalam mengintegrasikan dimensi ketuhanan, kemanusiaan, dan keberlanjutan dalam pendidikan. Penguasaan bahasa asing bukan sekadar keterampilan teknis, tetapi juga jalan untuk memperluas wawasan, mempererat komunikasi antarbangsa, serta memperkaya khazanah keilmuan yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Melalui uji kompetensi ini, para dosen diharapkan dapat mengembangkan kapasitas akademik mereka, sehingga mampu memberikan kontribusi maksimal dalam proses pengajaran dan penelitian. Bagi mahasiswa, keberhasilan dosen dalam meningkatkan kompetensi bahasa akan menciptakan pembelajaran yang lebih berkualitas, interaktif, dan relevan dengan tuntutan zaman.

Di sisi lain, bagi institusi UIN Syahada, kegiatan ini menjadi bukti nyata komitmen dalam membangun ekosistem akademik yang berorientasi pada mutu dan daya saing. Harapannya, kegiatan uji kompetensi TOEFL dan TOAFL ini dapat terus berkelanjutan, sehingga memberikan manfaat tidak hanya bagi dosen dan mahasiswa, tetapi juga bagi penguatan reputasi UIN Syahada di tingkat nasional maupun internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *